7 Wisata Purbalingga Yang Terkenal


Purbalingga merupakan sebuah kota kecil yang terletak di jawa tengah. kota yang terkenal dengan produksi rambut palsu dan knalpot ternyata meyimpan begitu banyak kawasan wisata yang cukup indah. bukan hanya wisata alami tetapi juga wisata buatan yang membuat daya tarik tersendiri dari kota tersebut. nah, hari ini purbalinggaku akan mengulas nih apa aja wisata yang terkenal di kota purbalingga.

Owabong Purbalingga

Owabong  berasal dari singkatan Obyek Wisata Bojongsari. dahulu mulanya owabong mempunyai nama "Tirta Bojongsari" sebuah kolam renang yang airnya langsung berasal dari mata air. pada tahun 2003 pemerintah daerah mengembangkan wahana air tersebut. banyak keseruan yang dapat kamu ambil ketika pergi owabong seperti, waterboom, ember tumpah, kolam arus, kolam olympic, ombak segara, gokart, dan tentunya masih banyak lagi. banyak orang menghabiskan waktu bersama keluarga di owabong. owabong mempunyai luas sekitar 4,3 hektar yang menjadikannya wahana terbesar yang berada di jawa tengah. biaya masuk wahana owabong tidak terlalu mahal cuma dibandrol Rp. 20.000  weekday untuk weekend dikenai sebesar Rp. 25.000 cukup murah bukan. untuk permainan disana seperti gokart di kenai Rp.35.000 / 30 menit, dan buggy car Rp. 50.000/ 30 menit. adapun kolam air hangat di owabong, jika kita masuk ke kolam air hangat harus membayar sebesar Rp. 15.000 didalam terdapat kolam khusus wanita, kolam terapi, dan tentunya kolam air hangat.

Curug Duwur


Air terjun di Purbalingga sudahlah sangat sering kita dengar. banyak sekali air terjun yang belum ter ekspos keindahan alamnya. curug duwur sendiri merupakan curug yang indah yang berada di bumisari, kecamatan mrebet. tidak jauh dari owabong sekitar 10 km kamu bisa mencapai curug duwur tersebut. harga tikt masuk sangat murah hanya dibandrol dengan Rp. 5.000 kamu sudah bisa menikmati indahnya air terjun tersebut. kamu juga bisa berenang ataupun hanya bermain air saja, untuk kamu yang tidak bisa berenang, pengelola curug duwur ini telah menyediakan pelampung buat kamu yang ingin berenang tetapi takut kedalaman. kamu juga bisa mencoba atraksi lompat dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter. jadi nikmatilah dengan pasanganmu.

Kebun Buah Strawberry

kebun buah strawberry terletak di desa serang, kec. karangreja, kab. purbalingga. kebun buah sendiri dikelola oleh petani yang memang pencaharian dulunya sebagai petani strawberry namun lama kelamaan petani tersebut membuka sebagian kebun strawberry untuk umum sebagai mata pencaharian tambahan dan hasilnya pun banyak menarik wisatawan yang datang dari dalam kota maupun luar kota. pemerintah daerah telah mengembangkan wisata kebun buah strawberry bukan hanya buah strawberry saja yang menjadi daya tarik desa serang tersebut melainkan pohon pinus yang rindang juga membuat para wisatawan merasa tenang dan sejuk ketika berada di desa tersebut. jika kamu ingin menikmati adrenaline yang berada di desa serang kamu juga bisa mencoba wahana outbond. untuk harga di desa kebun strwaberry tersebut tidaklah begitu mahal murah dikantong anda.

Pendakian Gunung Slamet

Buat anda yang mempunyai jiwa petualang anda bisa nih mencoba salah satu gunung tertinggi ke-2 di jawa tengah, Gunung Slamet. Pos pendakian basecamp gunung slamet berada di desa bambangan yang terletak diatas desa serang, kec. karangreja, kab. purbalingga. ketinggian gunung slamet mencapai 3.428 MDPL hanya berbeda sedikit dengan gunung semeru. meskipun terkenal dengan track yang sangat susah tetapi gunung slamet mempunyai keindahan yang susah untuk dijelaskan bagaimana tidak ketika kamu mencapai puncak kamu bisa melihat gunung sindoro dan sumbing dari atas dan dibawah kamu akan disuguhi lautan awan yang begitu lembut untuk dilihat. lama perjalanan dari basecamp hanya menempuh 12 jam perjalanan untuk sampai kepuncak. 

Goa Lawa

Goa lawa dari namanya saja sudah mendakan bahwa gua tersebut dihuni oleh banyak 'lawa'. lawa adalah kata yang berasal dari jawa yang berarti kelalawar. ya memang gua lawa sendiri dihuni ribuan kelalawar yang bergelantungan dilangit-langit gua. gua ini terjadi karena pendinginan dari lava . gua yang tidak memiliki stalakmit dan stalaktit ini memiliki panjang kurang lebih 1 KM dan tak heran juga dulu goa tercium tidak sedap karena kotoran kelalawar. tetapi sekarang gua lawa telah dikembangkan oleh pemerintah daerah telah diberi lampu dan terdapat cafe didalam gua tersebut. gua lawa tersebut terletak di Desa Sirawak, kec. karangreja, kab. Purbalingga. untuk tiket masuk pengelola mengenakan tarif sebesar  Rp. 7.000 untuk hari biasa, akhir pekan Rp. 8.000, dan untuk Hari raya dan tahun baru dikenakan sebesar Rp. 15.000.

Taman Reptil Sanggaluri park

selain wisata alam di purbalingga terdapat juga taman reptil dan buah. di taman tersebut cocok untuk keluarga untuk salah satu liburan di purbalingga. taman reptil memiliki banyak sekali koleksi hewan reptil yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. lokasi taman reptil tidak jauh dari owabong jadi jika anda berkunjung ke owabog pastikan anda mampir yaa ke taman tersebut. untuk tiket masuk dikenakan tarif Rp. 10.000 untuk hari biasa dan Rp. 15.000 untuk weekend. taman reptile tersebut berada di desa kutasari,  kec. kutasari, kab. purbalingga.
 

Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran Mas tema edukasi dan wahana rekreasi  menggabungkan wisata alam dengan wisata buatan. mulai dari goa akurium seperti di seaworld jakarta serta mempunyai koleksi ikan yang begitu banyak. di purbasari juga memiliki wahana kolam renang. lokasi purbasari terletak di desa purbayasa, kec. padamara, kab. purbalingga. tiket masuk sebesar Rp. 10.000.


Komentar

Postingan Populer